MENGENAL DUNIA PEMANJATAN DI INDONESIA

Sejarah dunia pemanjatan di Indonesia telah berlangsung lama. Salah satu catatan penting pemanjatan ini adalah diinisiasi oleh sekelompok anak Bandung. Berlokasi di area tebing Citatah, Kabupaten Bandung Barat, sekelompok anak muda menghidupkan area kawasan karst ini. Saat itu, beberapa nama yang dikenal dengan sebutan “Sekelompok Jelema Gerings” mencoba menghidupkan tebing alam wilayah Bandung Barat itu.

Beberapa nama yang dikenal saat itu adalah Harry Suliztiarto ,Heri Hermanu, Dedy Hikmat dan Agus R melakukan pemanjatan tebing. Tentu saja jangan dibayangkan dengan kondisi peralatan seperti saat ini. Bahkan, boleh dibilang saat itu mereka mesti ngulik dengan peralatan dan tali yang ada. Atas nama cinta sekaligus kenekatan itulah lambat laun dunia pemanjatan di Indonesia semakin berkembang.

Berbagai titik tebing-tebing terbaik di Indonesia mulai dijelajahi dengan sukacita. Termasuk melakukan penjelajahan dunia yang masuk dalam daftar tebing-tebing terbaik. Para petualang pemanjat terbaik Tanah Air pun unjuk gigi untuk menghadirkan prestasi dalam pentas dunia ini.

Sejak itu, dunia panjat tebing pun semakin digemari oleh anak-anak muda di Indonesia. Berbagai kampus mendirikan kelompok-kelompok para pecinta alam. Tak hanya eksis di dunia pemanjatan alam, tapi dari mereka mulai lahir bibit-bibit muda yang berprestasi dalam dunia olahraga panjat di Indonesia maupun dunia.

peranan skygers dalam isu keselamatan bagi para pekerja ketinggian

keselamatan kerja

Memasuki era tahun 2000’an, dunia pemanjatan di Indonesia memasuki era baru. Keterampilan panjat tidak hanya berguna dalam tebing dan olahraga saja. Tapi juga memiliki spektrum yang luas dalam dunia industri dan penyelamatan atau rescue. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin menggeliat, salah satunya mensyaratkan tentang perlindungan keselamatan bagi para pekerja.

Salah satu misi dalam SKYGERS adalah menyebarkan keilmuan, pengetahuan,sekaligus pengalaman pemanjatan bagi masyarakat. Isu keselamatan menjadi bagian penting dalam dunia pemanjatan ini. Keterlibatan SKYGERS pun hadir untuk mendorong ekosistem keselamatan bagi para pekerja ketinggian di Indonesia. Baik melalui pelatihan bagi instruktur, pekerja, hingga berbagai lembaga pemerintah maupun masyarakat untuk membuat kebijakan keselamatan para pekerja ini.

Tak hanya itu. Pemanjatan juga erat kaitannya dengan mengurangi risiko kecelakaan atau pertolongan. Kecelakaan dalam dunia industri hingga kebencanaan, juga menjadi prioritas bagi SKYGERS untuk hadir dan memberikan nilai kepeduliaan dan menumbuhkan kemanusiaan di Indonesia.

SEKOLAH PANJAT TEBING DI INDONESIA

SKYGERS terus mendorong agar dunia pemanjatan di Indonesia semakin popular. Indikasi tingginya minat pemanjatan ini untuk keperluan industri, atlet, rescue, hingga rekreasi. Untuk meningkatkan keterampilan, sekaligus keselamatan dunia pemanjatan, SKYGERS pun mendirikan Sekolah Panjat Tebing.

Sekolah ini sebagai sarana edukasi yang difasilitasi oleh instruktur berpengalaman. Berbagai tehnik pemanjatan, pengenalan peralatan, pengenalan jenis tebing, hingga risiko-risiko menjadi bagian dari silabus pembelajaran. Hingga saat ini, SKYGERS telah memiliki alumni dari Sekolah Panjat Tebing yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Kehadiran para alumni ini telah memberikan kontribusi dalam dunia pemanjatan saat ini di Indonesia.

Dunia panjat di Indonesia semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Baik untuk keperluan rekreasi hingga atlit profesional. Foto oleh: Ahmad Yunus.

TEBING CITATAH

Kawasan Tebing Citatah adalah wilayah yang memiliki keunikan dengan bentang alam karst. Kawasan yang kaya dengan alam, sejarah, dan geologi di Bandung Barat ini, menjadi satu-satunya kompleks tebing yang menarik yang tak jauh dari Kota Bandung. Kemudahan akses serta jenis tebing yang unik ini menjadi tujuan favorit bagi para pemanjat tebing di Indonesia. Baik untuk para pemula hingga profesional untuk melatih dan mengenal bentang alam di kawasan Tebing Citatah.

Dunia panjat semakin popular dilakukan masyarakat Indonesia sebagai petualangan, olahraga, sekaligus rekreasi. Foto oleh: Ahmad Yunus.

OLAHRAGA PANJAT SEMAKIN POPULAR

Belajar panjat tak hanya dilakukan di tebing saja. Tapi juga bisa dilakukan di lokasi tempat panjat yang berada di kampus dan area gym di berbagai kota di Indonesia. Foto oleh: Ahmad Yunus

Scroll to Top